Merubah Hostname Ubuntu Server - Amounthnia

19 Desember, 2015

Merubah Hostname Ubuntu Server

Ubuntu
Apa kabar, fellas? Semoga kalian sehat selalu, kali ini gua mau membagikan sedikit trik tentang sistem operasi linux, tepatnya Ubuntu Server. Keresahan gua dipostingan ini adalah bagaimana sih caranya menganti atau mengubah hostname di Ubuntu server? Udah nyoba google gak ketemu-ketemu mungkin karna salah masukin keywordnya di Google atau gimananya gua gak tau. Setelah beberapa hari gua cari akhirnya dapet tapi itu masih agak ribet dan penjelasannya pake bahasa inggris, dipostingan ini gua kasih cara simpelnya langsung ajh tengok.

Disini gua remote servernya pake putty, tapi bisa langsung dari servernya juga dengan perintah

debian@ubuntu:~$ sudo  mcedit /etc/hosts
kalian akan dialihkan ke layar biru seperti dibawah ini:


lalu kalian ganti tulisan ubuntu-server sesuai yg kalian inginkan, contoh:

127.0.0.1<----->ubuntu-server<>localhost.localdomain<->localhost
127.0.0.1<----->ubuntu-server
menjadi:

127.0.0.1<----->ubuntu<>localhost.localdomain<->localhost
127.0.0.1<----->ubuntu
kalo sudah di ganti simpan lalu keluar

Langkah selanjutnya masuk ke hostname dengan perintah

debian@ubuntu:~$ sudo  mcedit /etc/hostname
kalian akan dialihkan ke layar biru yg lain seperti dibawah ini:


lalu kalian ganti tulisan ubuntu-server sesuai yg kalian inginkan, contoh:

ubuntu-server
menjadi:

ubuntu
kalo sudah diganti simpan, keluar lalu restart.
Dan kalian akan mendapati hostname kalian sudah berubah.

Nama pada hosts dan hostname harus sama

Itulah keresahan gua untuk memanipulasi server dengan mengganti hostnamenya, semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian tunggu keresahan-keresahan gua yg lain. So ... Keep calm, stay healthy and respect, cheer ...

Share with your friends