Jalan Di Game Sering Ilang? Texture Tidak Termuat Dan NPC Sering Ngaco? Ini Penjelasannya - Amounthnia

06 Agustus, 2018

Jalan Di Game Sering Ilang? Texture Tidak Termuat Dan NPC Sering Ngaco? Ini Penjelasannya



Pernah liat gambar kayak diatas atau pernah ngalamin? Sering lag juga? padahal spek komputer tinggi dan internet lancar. Itu bukan salah komputer, game atau internetnya tapi pemilihan setting/pengaturan pada game tersebut yang pas untuk Processor dan GPU yang kadang sering berantem.


Gua pernah ngalamin seperti 2 gambar diatas waktu gua masih maen game pake laptop, laptop Gua Acer seri Aspire E5-473G yang speknya lumayan kalo menurut gua, proci core i3, GPU GeForce 940M 2GB, RAM-nya pun udah gua up jadi 8GB jadi gua memutuskan untuk berangkat pake High setting di GTA 5 dengan bermodalkan ilmu dimana kapasitas RAM besar bisa membantu 2 komponen seperti Processor dan GPU me-render atau berkomunikasi lebih cepat gua maen.

Waktu maen GTA 5 sih gak ada masalah, malah keliatan beda banget peformanya setalah gua nyobain Online barulah disitu keliatan perbedaannya, jalan sering gak termuat jadi si mobil kayak ngelayang dan kadang lag, waktu pertama gua menyalahkan internet karna waktu gua masih nongkrong di warnet internetlah yang menyebabkan lag.

Setelah dicoba speedtest koneksinya pun baik, gua coba masuk ke game dan merendahkan resolusinya gambar pun termuat semua tapi ada masalah lain ketika online, Lag-nya jadi makin parah. Setelah gua nyari tau ternyata hal tersebut disebabkan Processor dan GPU yang berantem saling lembar satu sama lain, GPU yang bertugas me-render tekstur atau gambar pada game mendapatkan beban yang lebih ketimbang Processor, ketika resolusi direndahkan Processor mendapat beban yang lebih ketimbang GPU dan menyebabkan lag.

Ini bisa terjadi tidak hanya pada low atau mid-end spek tapi juga bisa ke Hi-end tapi untuk yang spek tinggi lebih ke FPS drop/loss bukan Lag jadi masalahnya paling cuma di monitor yang frash rate gak cocok sama GPU. jadi selain pemilihan spek yang harus seimbang antara Processor dan GPU yang ditopang RAM besar, pemilihan setting pada game pun harus tepat. Selain itu yang terpenting kalo udah memilih GPU yang tepat pastikan selalu update drivernya karna itu penting dan bisa memperbaiki peforma render GPU.

Intinya:
High Resolution Game Settings memberatkan GPU.
Low Resolution Game Settings memberatkan Processor.

Kalo masih kurang jelas berikut videonya karna gua dapet dari situ:




Share with your friends